Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kita [Awas! Bahaya Jika Kebanyakan]

Nitips.infoManfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kita [Awas! Bahaya Jika Kebanyakan] | Pastinya kamu sudah mengetahui tentang pohon kelapa kan? apalagi buat kamu yang saat ini sedang berada di daerah pantai. Nah saat ini kita akan membahas air dari buah kelapa tersebut, banyak sekali minuman yang telah dibuat dari campuran air kelapa ini bahkan murni dari air kelapa, yang paling banyak dijual di pinggiran jalan yaitu minuman es degan (es kelapa muda), peminat unutk minuman ini sangatlah banyak, apalagi saat kamu sedang haus dan meminumnya dijamin segar kembali deh.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kita [Awas! Bahaya Jika Kebanyakan]

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kita [Awas! Bahaya Jika Kebanyakan]

Rasa air kelapa yang sangat nikmat dan segar ini sangat pas untuk digunakan menghilangkan dahaga haus terutama di siang hari saat panas terik matahari yang menyengat. Hal itulah yang membuat es air kelapa ini sangat populer di masyakarat. Namun diluar itu, ternyata air kelapa ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, apakah kamu sudah mengetahui apakah manfaat-manfaat yang diberikan air kelapa tersebut? kalau belum, yups kita bahas kali ini.


Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengandung Isotonik

Isotonik adalah suatu larutan yang mempunyai konsentrasi zat terlarut yang sama (tekanan osmotik yang sama) seperti larutan yang lain, sehingga tidak ada pergerakan air [menurut brainly.co.id]. Ketika kamu sedang mengalami dehidrasi (biasanya terjadi disaat siang yang sangat panas) lalu meminum air kelapa ini, tubuh kamu akan segar kembali, karena kandungan isotonik dalam air kelapa mampu melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali.

2. Bermanfaat Untuk Pencernaan

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah pada organ sistem pencernaan, contohnya seperti susah buang air besar, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau sebagai obatnya. Selain alami, kandungan yang terdapat pada air kelapa hijau juga berkhasiat untuk mengurai racun yang berada di dalam tubuh, sehingga racun dan kotoran yang berada di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui proses buang air besar secara lancar.

3. Membantu Kerja Sistem Imun

Air kelapa hijau juga mengandung asam laurat, yang berperan penting untuk membunuh bakteri dan virus, sehingga bisa membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh), seperti untuk membunuh cacing berbahaya dan candida di dalam tubuh. Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan yang bisa berfungsi sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah timbulnya penyakit.

4. Menurunkan Berat Badan

Tentunya kita semua tidak ingin mempunyai berat badan yang berlebihan (obesitas), bahkan kebanyakan kaum wanita yang “mati-matian” menjaga berat badannya agar tidak berlebihan. Sehingga tidak sedikit kaum wanita yang rela mengkonsumsi obat-obatan untuk mendapatkan berat badan ideal secara instan. Akan tetapi penggunaan obat kimia untuk penurun berat badan seperti terdaapt efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, harga dari obat penurun berat badan relatif mahal. Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan air kelapa sebagai penurun berat badan, karena di dalam air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah.

5. Mengobati Penyakit Migrain

Kandungan magnesium yang terkandung dalam air kelapa hijau membantu untuk menurunkan gejala penyakit migrain yang dirasakan, sehingga aktivitasmu sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar lagi. Adapun minum air kelapa menjadi cara alami dan aman untuk memperoleh nutrisi penting seperti magnesium yang mencukupi bagi tubuh, dan mampu mencegah serta mengatasi sakit kepala maupun migrain.

6. Memperlambat Penuaan

Air kelapa juga bisa membuat kulit kita tampak lebih muda dan halus. Kandungan Asam laurat dan sitokinin dalam air kelapa dikatakan dapat menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan bahkan menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Kamu bisa mengoleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendur. Walaupun kebenaran informasi ini masih perlu mendapatkan bukti dari penelitian dari para ahli.

7. Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil

Air kelapa hijau mengandung magnesium dan kalium yang bisa membantu untuk menjaga tekanan darah secara alami agar tetap stabil. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa mampu memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, kata Dr Bruce Fife, direktur Kelapa Research Center. Dia juga mengklaim bahwa manfaat air kelapa bisa digunakan untuk membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, menjaga penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Bahaya/Resiko Air Kelapa Bagi Tubuh

Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar, namun bukan berarti boleh mengkonsumsi terlalu banyak air kelapa, sesuatu yang bermanfaat akan hilang manfaatnya jika dilakukan secara berlebihan begitu kata orang.

Dilansir Tribunnews.com, berdasarkan penjelasan medis dari Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari, bahwa setelah melakukan aktifitas yang melelahkan yang mengeluarkan banyak keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidaklah cukup.

Ha itu karena saat mengeluarkan keringat, tubuh mengalami kekurangan sodium. Adapun kadar sodium di dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Sehingga selain minum air kelapa, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih yang mencukupi tubuh.

Air kelapa memang minuman yang rendah lemak, akan tetapi jangan menjadikan air kelapa sebagai “obat penurun berat badan” sehingga menkonsumsi air kelapa secara berlebihan, yang berakibat justru menyebabkan diare.

Adapun bagi orang yang mengalami sembelit, maka mengkonsumsi air kelapa (secukupnya) memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Walaupun asam amino di dalam air kelapa lebih tinggi dari pada kandungan asam amino yang ada di dalam susu sapi, bukan berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap dibandingkan air kelapa. Sehingga jika kamu mengganti susu dengan air kelapa (sehingga tidak mengkonsumsi susu sama sekali),bisa menyebabkan kekurangan nutrisi.

Tag : manfaat air kelapa yang dimasak, air kelapa muda untuk bayi 4 bulan, air kacang hijau dicampur susu formula, manfaat air kelapa basi, cara membuat minyak kelapa dari santan kara, jusmelon air kelapa memutihkan wajah, apakah biskuit roma kelapa bisa bikin gemuk, biskuit roma kelapa untuk ibu hamil muda, kelapa parut dikukus berubah warna, fingerdoll kelapa gading,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *